bedigas- ilustrasi menjaga kesehatan paru-paru

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru dari Rumah

BEDIGAS.COM – Paru-paru memiliki peran penting bagi tubuh. Ia menjadi organ vital penapasan yang menjaga keberlangsungan hidup seorang manusia. Jika paru-paru bermasalah, oksigen tidak dapat terpompa ke seluruh pembuluh darah.

Meskipun sangat vital, masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan paru-paru. Padahal, paru-paru yang tidak terawat dan tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa merenggut nyawa. Bahkan, paru-paru yang tidak sehat dimungkinkan mudah terserang virus corona.

Dikutip dari Halodoc, penyakit paru-paru merujuk pada adanya gangguan paru-paru, yang membuat sulit untuk bernapas. Menurut penelitian, kaum wanita sangat rawan terhadap penyakit paru-paru. Bahkan bisa tidak sedikit yang meninggal dunia.

Banyak orang yang mengabaikan tanda-tanda awal penyakit paru-paru. Hal ini karena tanda awal penyakit paru-paru adalah tidak memiliki tingkat energi seperti biasa. Tanda dan gejala penyakit paru-paru memang berbeda berdasarkan jenis penyakit paru-paru.

Berikut ini tanda-tanda umum dan awal terjadinya penyakit paru-paru, yaitu:

  • Kesulitan bernapas
  • Sesak napas
  • Merasa tidak dapat cukup udara
  • Kemampuan berolahraga menurun
  • Batuk yang tidak menghilang
  • Batuk darah atau lendir
  • Nyeri saat bernapas

Supaya paru-paru terus berfungsi dengan baik dan proses pernapasan lancar dari muda hingga tua, dibutuhkan penerapan gaya hidup sehat. Berikut ini sejumlah cara mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru:

Berhenti Merokok & Hindari Asap Rokok

Mulai dari rokok hingga cerutu dapat meningkatkan kemungkinan penyakit paru-paru. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya. Jika menggumpal di dalam paru-paru dapat memicu kerusakan paru-paru bahkan bisa menderita fibrosis paru idiopatik, asma, PPOK, hingga kanker paru..

Rokok bukan hanya menyerang perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Asap rokok yang terhirup bisa menyebabkan penyakit paru-paru. Penelitian menyebutkan perokok pasif malah lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif, karena perokok pasif menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif.

Jika sering berada di lingkungan pergaulan perokok aktif, sebaiknya menjauhlah. Setidaknya, minta para perokok untuk menjauh atau merokok di luar ruangan. Pada dasarnya, orang yang tidak merokok tetap memiliki hak untuk mendapatkan ruangan yang bebas asap rokok.

Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Tidak minuman beralkohol berjenis apapun juga menjadi cara efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan zat kimia dalam minuman beralkohol dapat memicu penyempitan pada paru-paru sehingga paru-paru akan sulit bernapas.

Sebagai gantinya, lebih baik memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, ataupun susu. Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid 19, yang berbahaya bagi paru-paru.

Menjaga Kualitas Udara Tetap Baik

Tingginya polusi udara di Indonesia sangat berpengaruh terhadap tingginya risiko penyakit paru-paru. Karena itulah, sebaiknya sebelum beraktivitas di luar ruangan, gunakan masker untuk menghalangi masuknya polusi udara dan debu ke hidung.

Kualitas udara di rumah juga harus dijaga. Karena banyak produk di rumah, seperti cat hingga pelarut, yang dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit paru-paru. Selalu baca label sebelum membeli barang serta ikuti instruksi untuk digunakan.

Dengan menyediakan ventilasi udara yang mencukup dan bisa juga dengan menyediakan hijau di dalam rumah atau di sekitar pekarangan. Tanaman hijau dapat menyerap zat karbon sekaligus menyuplai oksigen, sehingga rumah juka kian sejuk.

Jangan lupa juga menghindarkan barang-barang berbau tajam, busuk ataupun basi. Hal ini karena bau-bau tersebut bisa menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Jika sudah memiliki penyakit paru-paru, sebaiknya menjauhlah dari segala jenis sumber bau yang tajam. Lebih baik hirup aromatherapi.

Olahraga Ringan Secara Teratur

Tidak harus olahraga berat, aktivitas olahraga ringan secara teratur juga efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru. Olahraga efektif dalam melatih pernapasan, yang pada akhirnya berdampak baik pada kinerja paru-paru.

Aktivitas olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, pilates, zumba hingga yoga, sangat bermanfaat besar untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dengan olahraga teratur, kinerja jantung juga akan meningkat karena suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh bertambah banyak.

Cukup olahraga dengan durasi 10 – 20 menit setiap hari, bisa membantu meningkatkan kinerja paru-paru, jantung dan organ vital lainnya. Tubuh pun semakin sehat. Terutama terhindar dari penyakit paru-paru.

Konsumsi Makanan Sehat Setiap Hari

Salah satu cara menerapkan pola hidup bersih sehat yakni dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Makanan bergizi ala 4 sehat 5 sempurna, kemudian minum air putih serta susu murni dapat menjaga paru-paru berfungsi dengan baik, karena kotoran yang menggumpal di paru-paru bisa segera dibersihkan.

Hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru. Contohnya makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi. Makanan yang mengandung gula berpotensi menghasilkan lendir yang dapat mengganggu kinerja paru-paru.

Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur secara rutin bisa membantu tubuh terhindarkan dari berbagai jenis penyakit paru-paru. Untuk kebutuhan multivitamin, konsultasikan dengan dokter.

Baca: Mengenal Serangan Jantung, Penyakit yang Merenggut Nyawa Artis Ashraf Sinclair

Menjaga kesehatan tubuh, khususnya menjaga kesehatan paru-paru, berpangkal pada kebiasaan pola hidup sehat. Apalagi di masa pademi virus corona, seperti sekarang ini, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi aktivitas yang tidak bisa diabaikan.

Jika penyakit paru-paru semakin bertambah parah, segera lakukan check up secara rutin ke dokter paru. Dengan demikian, perkembangan kondisi paru-paru akan lebih terpantau dan bisa segera diatasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.