bedigas – makanan penderita kolesterol tinggi

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

BEDIGAS.COM – Seperti halnya bagi orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, menu makanan sangat penting bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang berkolesterol tinggi.

Sejatinya, hati memproduksi kolesterol untuk membantu proses metabolisme tubuh. Kolesterol membantu tubuh dalam proses produksi empedu, vitamin D, dan beberapa jenis hormon, di antaranya hormon kortisol, testosteron, estrogen hingga progesteron.

Setidaknya terdapat, beberapa jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL), trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol normal dalam tubuh yakni jumlah HDL lebih dari 60mg/dL, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL.

Ketika kadar kolesterol melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh, maka hal ini akan dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit serius. Seperti, penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Makanan menjadi hal yang penting bagi penderita kolesterol tinggi, sebab selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan. Karena itulah, penting bagi orang dengan kolesterol tinggi untuk disiplin menjaga pola makan.

Berikut ini jenis makanan penyebab kolesterol yang sebaiknya dibatasi konsumsinya, demi menjaga kadar kolesterol tetap pada kondisi normal.

1. Jeroan dan Kulit Ayam

Jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol ialah jeroan atau bagian isi perut dan organ hewan. Mulai dari usus, babat hingga otak. Jeroan juga mengandung banyak asam urat. Sebaiknya membatasi bahkan menghindari konsumsi jeroan dan kulit supaya bebas dari kolesterol tinggi dan asam urat.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti hamburger dan pizza, mengandung kolesterol yang sangat tinggi dalam satu porsinya. Kadar kolesterol dalam tubuh akan semakin tinggi, jika mengonsumsi makanan cepat saji bersama dengan minuman soda dan kentang goreng.

3. Es krim

Es krim memang manis dan enak, namun ternyata satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Karena itulah, memiliih buah sebagai pilihan hidangan penutup adalah langkah baik dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Lobster

Lobster merupakan salah satu menu makanan laut yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Dalam setiap 100 gr lobster, mengandung setidaknya 70 mg kolesterol. Daripada memilih lobster, sebaiknya pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan.

5. Telur

Ketika sudah makan telur sewaktu sarapan, sebaiknya menghindari konsumsi sumber kolesterol lain, seperti jeroan dan daging berlemak, sebagai menu makan siang. Penderita kolesterol tinggi masih diperbolehkan untuk makan 4-6 telur per minggu.

Baca Juga: 5 Menu Makanan Diet Alami yang Murah dan Mudah Ditemukan di Dapur

Dengan memahami berbagai jenis makanan penyebab kolesterol tinggi, penderita kolesterol tinggi sebaiknya lebih selektif dan disiplin dalam menjaga pola makan. Senantiasa cek kadar kolesterol dan periksa kesehatan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan lebih terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.