bedigas – diet alami murah mudah cepat

5 Menu Makanan Diet Alami yang Murah dan Mudah Ditemukan di Dapur

BEDIGAS.COM – Banyak cara diet menurunkan berat badan. Mulai dari cara diet alami sampai dengan cara diet ekstrim. Jika tidak hati-hati dan menyesuaikan kondisi tubuh, proses diet hanya akan memberikan gangguan kesehatan bagi pelaku diet itu sendiri.

Karena itu, penting memahami kondisi tubuh dan bentuk tubuh demi menemukan berat badan ideal bagi tubuh. Dua hal tersebut sangat penting sebab, bisa jadi, berat badan ideal bagi satu orang dengan orang yang lainnya bisa tidak sama.

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus melalui proses yang instan, ekstrim dan juga berbiaya mahal. Apalagi sampai mencoba-coba program diet instan atau diet ekstrim yang belum terbukti efektivitas serta keamanannya.

Karena, bisa jadi program diet yang belum terbukti tersebut malah memberikan efek-efek samping serius dapat bagi tubuh. Mulai dari malnutrisi, gangguan elektrolit, mudah lelah, rambut rontok, masalah pada otot bahkan pada wania bisa menyebabkan menstruasi tidak normal.

Banyak juga cara dan menu program diet alami tanpa obat yang aman dan memberikan manfaat bagi tubuh. Program diet alami bukan sesuatu yang mustahil. Diet alami itu mudah, sederhana, tidak membuat stress dan menguras kantong. Kuncinya adalah disiplin, konsisten dan penuh komitmen.

Banyak cara diet alami yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Secara umum ada empat aktivitas utama untuk mendukung program diet alami untuk menurunkan berat badan, yakni;

  • Melakukan Olahraga Secara Rutin
  • Memiliki Cukup Waktu Istirahat
  • Menghindari Minuman Beralkohol
  • Atur Pola dan Jenis Makanan

Mengatur pola makan menjadi hal yang sangat penting dalam proses menurunkan berat badan menjadi ideal sesuai impian. Mengurangi porsi makan 10-20% dari porsi biasanya serta makan perlahan hingga 20 menit disebut efektif untuk menekan nafsu makan.

Tidak hanya mengatur porsi dan waktu makan, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung protein, serat serta lemak sehat selama proses diet pun menjadi hal yang sangat penting bagi tubuh. Menu makanan dalam diet alami juga mudah ditemukan dan murah harganya.

Berikut ini 5 Makanan Bergizi yang Membantu Menurunkan Berat Badan, yang Bedigas rangkum dari berbagai sumber;

Nasi Merah

Sudah sedari zaman dahulu, nasi merah digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Nasi merah memiliki banyak nutrisi dan serat. Sehingga, perut menjadi tidak mudah lapar dan terhindar dari makan berlebihan.

Ubi

Dibandingkan dengan kentang, ubi jauh lebih kaya manfaat. Ubi mengandung vitamin A dan B6 yang kaya akan serat serta kaya nutrisi. Seperti halnya nasi merah, ubi akan membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Buncis

Sayuran buncis ini mudah diolah sekaligus mengandung banyak protein dan serat. Kandungan gizi buncis yang rendah kalori membantu proses detoksifikasi tubuh sekaligus memuaskan rasa lapar sehingga program diet alami akan cepat berhasil.

Apel

Apel sangat cocok untuk menurunkan berat badan sebab mengandung vitamin, mineral serta serat. Makan satu buah apel akan memberikan rasa kenyang selama hampir dua jam dan memberikan energi bagi tubuh.

Kembang Kol

Kembang kol tidak hanya menjadi pengganti brokoli yang harganya lebih mahal. Namun kembang kol juga memiliki serat yang tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! 10 Manfaat Luar Biasa Garam Himalaya Bagi Tubuh

Tentu saja masih banyak menu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Seperti yogurt, oatmeal hingga teh hijau. Namun tetap saja, kesuksesan program diet alami itu terletak pada konsistensi dan disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat.

Dan, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk melakukan perhitungan indeks masa tubuh (IMT) serta menemukan aktivitas dan menu diet terbaik untuk diterapkan dalam program alami tanpa obat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.