bedigas – tips sehat berpuasa

Cara Praktis dan Mudah untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar ketika Berpuasa

BEDIGAS.COM – Banyak cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa Ramadan. Iya, stamina yang kuat, tubuh akan mudah merasa lemas dan akhirnya tidak konsentrasi dalam menjalankan ibadah puasa.

Ketika sedang berpuasa, terjadi banyak perubahan akivitas harian yang berdampak pada kondisi tubuh. Mulai dari perubahan pola tidur, pola makan, hingga pola olahraga. Padahal, kondisi tubuh yang fit sangat berpengaruh pada kesiapan tubuh unuk berpuasa.

Cara menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan bugar selama puasa di Bulan Ramadan sangat dipengaruhi oleh makanan sahur, waktu istirahat, aktivitas selama berpuasa hingga menu makanan ketika waktunya berbuka puasa.

Dengan merangkum dari berbagai sumber, berikut ini Bedigas mengulas cara mudah dan praktis untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama puasa di Bulan Ramadan.

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur.

Cara mudah menjaga stamina sewaktu puasa adalah selalu melaksanakan makan sahur setiap harinya. Sahur sangat penting dalam menjaga ketahanan tubuh dalam menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh.

Konsumsi makanan yang “awet” di perut karena mengandung karbohidrat kompleks, seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah. Jangan lupa untuk mengonsumsi protein, buah, sayur serta air putih yang cukup supaya stamina tetap terjaga selama puasa.

2. Kurangi Makan Gorengan.

Terlalu banyak makan gorengan yang berminyak akan mengganggu kesehatan ketika sedang berpuasa. Begitu juga dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asin ataupun memiliki kadar gula yang tinggi. Jenis makanan ini akan membuat tubuh lesu dan mudah haus.

Daripada makan gorengan atau yang manis-manis terlalu berlebihan, lebih baik perbanyak menu sayuran, buah-buahan, daging merah dan nasi merah sewaktu sahur maupun berbuka puasa. Jenis makanan ini lebih lambat dicerna oleh tubuh, sehingga terasa kenyang lebih lama.

3. Tak Perlu Makan Berlebihan.

Berbuka puasa selalu menjadi momen yang paling dinantikan, ketika berpuasa. Tetapi, sebaiknya selalu menahan diri untuk tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Apalagi menjadikan waktu berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam setelah seharian menahan lapar dan dahaga. 

Makan secara berlebihan hanya akan memberikan masalah bagi pencernaan. Terlebih lagi, setelah seharian tidak bekerja. Makan dengan porsi yang terlalu banyak hanya akan menambah penyakit dalam tubuh. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih, sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi.

4. Selalu Tidur Secukupnya.

Tidur selalu menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh. Termasuk juga ketika sedang berpuasa. Sewaktu menjalankan ibadah puasa, kekurangan durasi tidur bisa membuat tubuh lemas.

Ketika sedang berpuasa, sebaiknya kurangi begadang untuk aktivitas yang tidak diperlukan. Selalu optimalkan waktu tidur selama 6-8 jam setiap harinya, demi tubuh tetap bugar dan sehat ketika berpuasa.

5. Lakukan Olahraga Ringan.

Sekalipun sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan aktivitas olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Dengan olahraga ringan, tubuh akan terhindar dari gangguan mengantuk, tubuh lemas, pusing, hingga sakit kepala.

Olahraga secara rutin dengan jumlah dan waktu yang telah disesuaikan dengan kebugaran tubuh akan membuat aktivitas berpuasa akan lebih penuh semangat. Olahraga yang bisa dilakukan ketika berpuasa ialah jalan santai, yoga ringan, peregangan, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah.

Baca Juga: Kesehatan Generasi Milenial Sangat Rawan, Ini 5 Penyakit Rentan Menyerang Para Milenial!

Agar rencana cara menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat dan bugar selama puasa di Bulan Ramadan berjalan lebih optimal, selalu konsultasikan persiapan puasa dan kesehatan tubuh kepada dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published.