bedigas – ilustrasi manfaat garam himalaya bagi lambung

Kamu Harus Tahu! 10 Manfaat Luar Biasa Garam Himalaya Bagi Tubuh

BEDIGAS.COM – Garam Himalayan merupakan salah satu jenis garam yang sedang populer di dunia. Garam ini tidak berwarna putih seperti garam dapur yang biasa dipakai oleh masyarakat Indonesia, melainkan berwarna pink. Ingin tahu lebih lanjut tentang Garam Himalaya?

Garam Himalayan dipercaya memiliki segudang khasiat. Bahkan, karena kandungan mineralnya, Garam Himalaya dinilai lebih banyak manfaat bagi tubuh dibandingkan garam dapur. Benarkah garam ini lebih baik dari garam dapur?

Garam Himalaya ini berbeda dengan garam biasanya. Garam ini tidak berasal dari laut melainkan berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine di pegunungan Himalaya, Pakistan.

Garam yang harganya tergolong mahal ini ini disebut sebagai salah satu garam paling murni di dunia dan sudah terkubur selama ribuan tahun di bawah lapisan lava, salju, dan es. Sementara warna pink pada Garam Himalaya berasal dari kandungan zat besi di dalamnya.

Selain menggandung zat besi tinggi, Garam Himalaya mengandung 98 persen natrium klorida serta beberapa mineral lain yang baik bagi tubuh. Mulai dari kalium, kalsium, magnesium, hingga sulfur.

Apa sih manfaat Garam Himalaya bagi tubuh? Bedigas merangkum setidaknya terdapat 10 manfaat Garam Himalaya bagi tubuh.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antimikroba Garam Himalayan tidak hanya bermanfaat untuk mengawetkan makanan, tetapi juga membantu tubuh melawan infeksi, membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan ketika dioleskan pada kulit Garam Himalaya bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.

2. Membantu Mengeluarkan Racun

Caranya mudah, tambahkan Garam Himalaya ke dalam air hangat lalu rendam tubuh. Garam Himalaya disebut dapat membantu menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Berendam menggunakan Garam Himalaya juga bermanfaat melemaskan otot-otot yang tegang atau pegal.

3. Membantu Mengatasi Dehidrasi

Konsumsi Garam Himalaya dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan dan hidrasi. Garam ini membantu tubuh dalam memperlancar komunikasi sinyal saraf dan membantu fungsi otot, sehingga dapat mencegah kram otot dan masalah otot lainnya.

4. Kaya Kandungan Mineral

Garam Himalaya mengandung hampir 80 mineral yang berbeda. Mulai dari zat besi, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, selenium, tembaga, dan banyak mineral lainnya.

5. Menyeimbangkan pH Tubuh

Kandungan Natrium natrium pada Garam Himalaya membantu dalam menyeimbangkan pH tubuh. Dengan pH tubuh yang seimbang, kekebalan tubuh tetap terjaga, terhindar dari tulang keropos, batu ginjal hingga gangguan asam lambung.

6. Mencegah Munculnya Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa suntikan Garam Himalaya dapat membantu sel-sel kanker yang mulai tumbuh di dalam tubuh, membunuh dirinya sendiri. Peneliti berusaha membuktikan itu dengan cara memasukkan sodium dan ion klorida ke dalam sel.

7. Mencegah Hipertensi

Konsumsi Garam Himalaya juga sangat bermanfaat untuk menghindari hipertensi. Kandungan natrium klorida pada Garam Himalaya yang tinggi, mencapai 98% ampuh untuk mengatasi hipertensi sekaligus menerapkan  pola hidup sehat.

8. Mengatasi Jerawat di Kulit

Kandungan antimikroba, anti inflamasi dan magnesium pada Garam Himalaya dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang. Cara dengan menambahkan 1/2 sendok teh Garam Himalaya ke dalam botol dan isi dengan air setengah cangkir, lalu semprotkan air pada wajah secara rutin.

9. Menambah Nikmat Makanan

Menambahkan Garam Himalaya pada makanan sudah tentu akan meningkatkan cita rasa dan kenikmatan makanan itu. Membubuhkan sejumput garam Himalaya dalam masakan bisa mempersingkat waktu memasak dan membuat panas lebih merata.

10. Zat Alami bagi Tubuh

Garam dapur umumnya ditambahkan zat lain untuk mencegah penggumpalan, seperti natrium aluminosilikat atau magnesium karbonat. Sementara, penyulingan Garam Himalaya tidak menggunakan zat aditif apapun. Hal ini membuat Garam Himalaya menjadi zat alami bagi tubuh.

Baca: 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru dari Rumah

Meskipun banyak manfaatnya, batasi konsumsi Garam Himalaya supaya manfaat Garam Himalaya tetap optimal bagi tubuh. Jumlah konsumsi harian yang disarankan untuk orang dewasa yakni 6 gram atau 1 sendok teh. Sementara jumlah konsumsi harian untuk anak-anak atau remaja lebih sedikit lagi.

Apabila memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter lebih dulu, sebelum mengonsumsi Garam Himalaya. Hal ini demi menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.