bedigas – perawatan kesehatan kehamilan

Masalah Utama Perawatan Kulit Wanita yang Sedang Hamil dan Cara Mengatasinya

BEDIGAS.COM – Setiap wanita menginginkan tampil cantik dan menarik dipandang mata. Begitu  juga dengan wanita yang sedang hamil. Akan tetapi, perawatan wajah bagi ibu hamil di masa kehamilan bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Pada masa kehamilan, wanita mengalami banyak perubahan di dalam tubuhnya, mulai dari peningkatan volume darah sampai dengan perubahan kadar hormon. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ibu hamil mengalami beberapa keluhan, di antaranya sembelit dan mual

Perubahan kadar hormon pada ibu hamil juga memberikan dampak bagi kulit, salah satunya pregnancy glow. Pregnancy glow merupakan istilah yang menggambarkan kondisi dimana kulit terlihat lebih bersih, cerah, merona dan mengkilap selama masa kehamilan.

Fenomena perubahan pada kulit ibu hamil karena perubahan hormone estrogen dan progresteron ini biasanya terjadi pada saat memasuki trimester kedua kehamilan, namun ada juga ibu hamil yang merasakannya di sepanjang masa kehamilan.

Akan tetapi, naik turunnya hormon pada wanita yang sedang hamil bisa menimbulkan beragam masalah kulit wajah pada ibu hamil. Tidak sedikit, ibu hamil yang bingung dalam memilih produk kecantikan yang aman bagi janin dan kandungan atau malah tidak tahu harus bagaimana merawat wajah saat hamil.

Memilih produk dan jenis perawatan wajah saat hamil, memang penting untuk memperhatikan keamanan janin dan kandungan. Hal ini karena ada bahan-bahan kimian yang terkandung dalam produk perawatan wajah yang rentan membahayakan janin.

Baca Juga: Kesehatan Generasi Milenial Sangat Rawan, Ini 5 Penyakit Rentan Menyerang Para Milenial!

Apa Saja Masalah Wajah yang Dihadapi Wanita yang Hamil?

Perubahan kadar hormon memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Dengan kondisi yang dimilikinya, ibu hamil tidak bisa melakukan perawatan yang biasanya dilakukan pada kulitnya yang bermasalah.

Secara umum, terdapat dua masalah wajah yang biasa dihadapi oleh ibu yang sedang hamil. Berikut ini beberapa masalah wajah yang sering dihadapi oleh wanita saat hamil dan cara mengatasi masalah kulit ibu hamil tersebut.

1. Muncul Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak terjadi pada wanita hamil. Mulai dari jerawat ringan hingga parah. Timbulnya jerawat di wajah pada masa kehamilan tidak lepas daripeningkatan hormon androgen. Yang mana, hormon ini memicu produksi minyak lebih banyak dan menimbulkan jerawat.

Penanganan jerawat ketika hamil, bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak mengiritasi kulit berjerawat, seperti kosmetik berbahan dasar air, bedak tabur, atau foundation khusus wajah berminyak. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan sabun atau pembersih wajah yang berbahan ringan.

Selain itu, jika hendak menggunakan obat untuk mengatasi timbulnya jerawat saat masa kehamilan, disarankan menggunakan obat oles dengan kandungan seperti azelaic acid, glycolic acid, alpha hydroxy acid, atau sulfur. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Bercak pada Wajah

Munculnya bercak kehitaman di wajah atau atau chloasma juga biasa terjadi pada ibu hamil. Bercak kehitaman ini biasanya muncul pada bagian pipi, kening, bibir, dan hidung. Kondisi ini dipicu oleh meningkatnya hormon progesteron, estrogen, dan hormon penghasil melanosit atau sel kulit yang menghasilkan pigmen. Paparan sinar matahari juga berpengaruh pada munculnya bercak kehitaman di wajah.

Sebenarnya, chloasma dapat menghilang setelah melahirkan. Namun untuk mengurangi atau menutup bercak, disarankan untuk menggunakan krim wajah, concealer dan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Tabir surya ini akan melindungi kulit dari sinar UV.

Hindari Cara Perawatan Wajah Ini Saat Hamil?

Ketika sedang hamil, memilih obat dan perawatan yang aman bagi kesehatan janin dan ibu hamil menjadi hal yang sangat penting. Dikutip dari Alodokter, hindari cara perawatan wajah dan jenis obat ini selama masa kehamilan.

1. Cara Perawatan Wajah

Hindari perawatan menggunakan suhu panas, misalnya berendam di air yang panas atau berada di ruang sauna. Jika ingin melakukan hidroterapi dengan air hangat, gunakan air yang suhunya tidak lebih dari 32 derajat Celcius. Pilihlah tempat perawatan yang memiliki kualifikasi dalam menangani perawatan ibu hamil.

2. Jenis Obat

Selama masa kehamilan, tidak disarankan menggunakan kandungan obat jerawat yang berbahaya bagi janin, seperti retinoid, salicylic acid, benzoyl peroxide, dan antibiotik jenis tertentu. Hindari pula menggunakan obat yang mengandung tetrasiklin, tretinoin, dan isotretinoin.

Baca Juga: 5 Menu Makanan Diet Alami yang Murah dan Mudah Ditemukan di Dapur

Pada masa kehamilan, perawatan kesehatan kulit wajah bisa tetap dilakukan dengan tetap cermat dalam memilih produk dan jenis perawatan. Kesehatan janin dan kandungan jauh lebih penting daripada sekadar tetap terlihat cantik.

Sebelum melakukan perawatan wajah pastikan untuk untuk melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter, sehingga lebih mudah mengetahui obat atau teknik perawatan wajah yang terbaik selama masa kehamilan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.