bedigas – manfaat bawang putih bagi kesehatan

Tidak Hanya Bermanfaat Menambah Rasa Masakan, Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

BEDIGAS.COM – Bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk menambah nikmat rasa masakan, namun juga telah lama digunakan masyarakat untuk kesehatannya. Bawang putih memang memilik beragam manfaat untuk keperluan medis.

Bawang putih disebut mampu membantu penurunan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sirkulasi darah hingga diyakini mampu menjauhkan risiko penyakit jantung.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang belum terbukti 100 persen, karena butuh kajian lebih mendalam. Namun, sejumlah penelitian juga telah menemukan kemungkinan manfaat bawang putih bagi tubuh, yakni;

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Suatu penelitian menyebutkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Hal ini tidak lepas dari kemampuan bawang putih dalam menurunkan kolesterol serta mampu mengencerkan darah sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Ekstrak bawang putih mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi serta turut menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal ini tidak lepas dari faedah bawang putih yang dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

3. Mencegah Pilek

Bawang putih dapat mencegah pilek karena mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang yang terbiasa mengonsumsi pilek lebih jarang mengalami flu dan pilek dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat bawang putih lainnya yakni mampu membantu menjaga kesehatan saluran cerna. zat allicin  yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur. Bawang putih pun bisa bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

5. Mencegah kanker

Manfaat bawang putih dalam membantu mencegah tumbuhnya kanker masih dalam proses penelitian yang lebih mendalam. Namun, beberapa studi sudha menyebutkan bahwa  bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker.

Baca Juga: Cara Praktis dan Mudah untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar ketika Berpuasa

Khasiat serta manfaat bawang putih bagi tubuh memang banyak, namun jika hendak menjadikannya sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

1 Comment

  1. […] Baca Juga: Tidak Hanya Bermanfaat Menambah Rasa Masakan, Ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.